Introvert atau berpura-pura ?

Hmm, banyak yang orang yang merasa kalau masa kuliah itu masa dimana kita mencari jati diri kita, mau jadi apa nanti, apa yang mau dilakuin nanti, mau kerja dimana dll, tapi sebenarnya masa kuliah itu gak sesederhana itu.

Hari-hariku sebagai seorang mahasiswa terlihat biasa saja. Pagi datang kekampus untuk kuliah entah sampai siang atau sampai sore atau bahkan sampai malam. Aku bukanlah seorang mahasiswa kupu-kupu (re : kuliah-pulang kuliah-pulang) aku mengikuti organisasi dalam kampus. Semester 1-3 aku ikut HM dijurusanku dan mengikuti organisasi lain pula sampai sekarang dan aku terpilih menjadi salah satu penguruh harian diorganisasi itu. Terlihat biasa saja memang, tidak ada yang salah dari ceritaku barusan, semua terliah normal. Tapiii, dalam kenyataannya

Aku tidak punya teman

Kuliah ditempat yang jauh dari rumah tidak dapat membuatku merubah sifat-sifat jelekku, aku tidak terlalu nyaman berada dikeramaian karena aku merasa terkucilkan dan selalu merasa malu bila berbicara didepan umum, aku hanya nyaman berada diduniaku sendiri, aku kurang bisa berbaur, saat sendiri banyak ide2 yang aku dapat, namun saat membicarakannya didepan umum semuannya hilang begitu saja, aku tidak nyaman berada dikeramaian dan banyak yang mengatakan bahwa ciri-ciri tersebut termasuk ciri-ciri seorang introvert. Entahlah apa yang orang sebut dengan sifatku itu, aku tak terlalu peduli, yang aku pikirkan hanya dapat hidup bahagia walaupun tanpa orang disisiku. Terdengar kasihan memang, tapi yah mungkin ini hidup yang harus aku jalani.

Aku tidak memiliki teman dekat, dari TK sampai kuliah yang aku punya hanya teman main, tetapi aku ragu dengan “teman kuliah”ku mungkin aku lebih baik menyebut mereka dengan teman kuliah saja karena pada kenyataannya kami tidak bermain bersama, hanya ada obrolan ringan saat berpapasan dikampus. Awalnya aku tidak peduli dengan sifatku ini karena yah aku masih ada keluarga ( re : ayah ibu, tidak dengan kakak) disampingku yang masih menyanyanyiku, namun itu semua berubah saat aku memulai kehidupan kuliahku. Sudah disebutkan tadi bahwa aku kuliah ditempat yang jauh dari rumah, berbeda provinsi. saat sekolah aku cuek dengan sifatku karena toh masih ada orang tua disampingku, tapi sekarang mereka berada diprovinsi yang berbeda dengan tempatku sekarang. Aku mulai merasa kesepian, dulu pulang sekolah ada ibu yang menyambut, sekarang hanya bantal dan guling yang menyambutku saat pulang kuliah, dulu saat ingin makan aku hanya perlu berjalan ke meja makan, sekarang aku harus berjalan jauh untuk membeli makanan dan yang paling menyedihkan adalah saat dulu aku selalu makan bersama dan tidak pernah sekalipun aku makan sendiri tetapi sekarang aku harus rela makan sendiri dikamar kos. Haha. Menyedihkan memang, tapi apa yang bisa kulakukan? Dulu aku mencoba untuk menjadi seseorang yang aktif, lucu,humoris, terbuka bahkan aku ikut organisasi yang notabene nya memiliki anggota yang banyak dan pasti ada satu kali kita berbicara didepan banyak orang namun hal itu hanya terjadi beberapa bulan saja ( kecuali organisasi karena aku tak mau dikenal sebagai orang yang tidak tanggung jawab dan tidak berkomitmen) karena aku merasa tidak nyaman, aku merasa itu bukan aku. Aku yang sebenarnya hanya seorang introvert, yang tak tau cara bergaul. Apa yang harus aku lakukan? Haruskah aku berubah lagi dan berpura-pura menjadi orang lain? Atau cukup menjadi aku yang apa adanya seperti ini yang sendiri tanpa teman?

Leave a comment